Kota Bogor 28 Oktober 2016 s/d 28 Oktober 2016
 

 

siswa sd siswa sekolah

Dukungan Pemkot Bogor sendiri hampir di semua sektor pemerintahan. Perpustakaan diperbanyak begitu pun dengan sekolah, kemudian perpustakaan mobile pun diperbanyak. Untuk sekarang baru ada 6 perpustakaan keliling yang terus dimodifikasi untuk menumbuhkan minat baca anak,” tambahnya.

Dari sekian banyak sekolah dasar di Kota Bogor, SDN Sukadamai 3 memiliki perpustakaan yang mengoleksi lebih dari 8.000 buku.

“SDN Sukadamai adalah satu diantara 11 sekolah tingkat dasar lainnya yang dijadikan sekolah Gerakan Literasi,” cetusnya.

Sementara, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Encep Moch Ali Alhamidi, meuturkan selain tingkat SD, ada juga sekolah tingkat SMP yang jadi sekolah percontohan Gerakan Literasi yang jumlahnya mencapai 25 sekolah.

“Perbandingannya semisal dari 1.000 masyarakat Kota Bogor hanya dua diantaranya yang gemar membaca. Angka ini memang memprihatinkan,” lirihnya.

Meski begitu, pihaknya tidak mau semakin ketinggalan. Dia pun sudah merancang beberapa program anyar antara lain, program antar dan jemput buku, tambah koleksi buku bukan hanya pelajaran saja, serta menggunakan sistem online.

Kepala SDN Sukadamai 3, Ahmad Furqon menyatakan, literasi sudah digembar-gemborkan sejak memasuki tahun ajaran baru.

Setahun belakang sudah banyak program yang diusung, semisal buku bacaan berjenjang, membaca berjamaah, mereview hasil bacaan juga lainnya.

“Secara judul ada 8.000 hingga 9.000, namun kalau eksemplar jumlahnya mencapai 20.000. Kami tidak akan berhenti disini dan terus menggiatkan gemar membaca pada anak,” tandasnya.